Label

Rabu, 28 September 2011

ISD Sebagai Salah Satu MKDU

BAB 1:
  1. Sebutkan 3 kelompok ilmu pengetahuan:
1. Ilmu-ilmu Alamiah ( Natural Scince ) :
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan.
Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100% benar dan 100% salah. Termasuk kelompok ilmu alamiah, antara lain adalah astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, dan mekanika.
2. Ilmu-ilmu Sosial ( Social Scince ) : ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100% benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat berubah dari saat ke saat. Termasuk kelompok ilmu sosial, antara lain adalah ekonomi, sosiologi, politik,  demografi, psikologi, antropologi sosial, dan sosiologi hukum.
3. Pengetahuan budaya ( The Humanities ) : bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Termasuk kelompok pengetahuan budaya, antara lain adalah filsafat, seni (sastra, tari, rupa, musik, suara, dan lukis), sejarah, antropologi budaya, hukum, dan agama.

sumber: http://thomasyg.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/21058/Materi+ISD.pdf

Studi Kasus :
Saat ini penerapan Ilmu pengetahuan dan Teknologi di indonesia masih kurang, contohnya, masih banyak daerah- daerah pelosok yang pendidikan almu pengetahuannya masih terabaikan oleh pemerintah, karena kurang merata serta fasilitas yang kurang dan tenaga pengajar yang kurang memadai di daerah pelosok.

Opini :
Menurut saya, sebaiknya sistem penerapan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan ini mesti lebih ditingkatkan lagi oleh pemerintah, terutama untuk di daerah - daerah terpencil yang kurang akan ilmu pengetahuan, seperti pendidikan sekolah gratis untuk anak - anak dan lanjut usia, guna untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. (Muhammad Zaky Ansari - 1ka30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar