Label

Rabu, 23 Oktober 2013

Mengurus Perpanjang STNK + cek fisik (motor)

hy blogger...
kali ini gw pengen ngebahas bagaimana cara memperpanjang stnk + ganti nomor plat. Biasanya ini dilakukan 5 tahun sekali, berbeda jika hanya mau memperpanjang saja, kalau memperpanjang jangka waktunya setahun sekali (pajak).

Jika anda berada didaerah bekasi, datanglah ke SAMSAT bekasi sebrang GOR bekasi. Di situ tempat untuk kita mengurus
segala surat yang berhubungan dengan kendaraan (kecuali SIM). Jika anda hanya mau memperpanjang saja, parkir motor anda di luar, karena parkir motor yang di dalam hanya untuk kendaraan yang mau cek fisik saja.

Berhubung saya membahas yang + cek fisik (5 tahun sekali), maka masukan kendaraan anda ke SAMSAT, kemudian ambil karcis untuk parkiran. Setelah mengambil karcis, masuk ke dalam sampai mentok lalu belok kanan. Di dekat situ ada area "CEK FISIK" kusus motor dan mobil. Masuk ke dalam area cek fisik motor, lalu kita tinggalkan motor kita di situ sebentar.

Sebelumnya anda harus tahu syarat-syarat yang harus di bawa ketika kita ingin memperpanjang STNK,

  1. BPKB
  2. STNK
  3. KTP pemilik kendaraan
  4. pulpen (optional)
  5. Cekrekan (optional)
Setelah kita mempersiapkan semuanya barulah kita menuju ke tempat fotokopian dekat situ. Berikan no.1,2 & 3 kepada tukang fotokopi. Tanpa kita bilang mereka sudah paham untuk jumlah yang harus di fotokopi. Setelah kita mendapatkan fotokopiannya, barulah kita masuk ke loket cek fisiknya. Kita kasih semua fotokopiannya. Jika penjaga loket meminta yang asli, kasih yang aslinya juga.

Kemudian kita akan dikasih surat pengantar untuk cek fisiknya. Setelah mendapatkan surat cek fisiknya, barulah kita kasih ke petugas pengecek kendaraannya. Nanti dia akan mengecek kendaraan kita, dan dia akan mengembalikannya kepada kita. Tak lupa juga kita kasih uang rokok (ya minimal 3000 atau goceng lah). Setelah surat cek fisiknya telah diisi oleh petugas, kita taruh motor kita dulu ke parkiran kusus, kemudian kembali lagi ke loket cek fisik tersebut untuk mengembalikannya (berkas)/ memberitahukannya bahwa kita sudah melakukan cek fisik.

Setelah kita mengembalikan suratnya, kita tunggu nama kita untuk dipanggil. Kurang lebih 10-15 menit lah. Setelah itu baru kita dikasih tanda bukti surat kalau kita sudah melakukan cek fisik untuk kendaraan. Lalu baru kita menuju ke kantor utama samsat, ambil formulir di lantai 1, isi formulir tersebut dengan pulpen yang sudah anda bawa. Jika anda bingung untuk mengisinya, di sana ada contoh pengisiannya kok.

Setelah kita mengisi formulir, pergi ke pengecekan pajak progresif untuk mengasih formulir dan berkas-berkas yang diperlukan. yang mana tujuannya untuk mengecek pajak kita, apakah kita pernah belum membayar pajak sebelumnya atau tidak. Menunggu lagi untuk dipanggil, setelah dipanggil kita ambil berkas kita tadi lalu kita keluarkan stnknya dari plastik, lalu kita buang klip-klip yang ada di suratnya. Rapihkan berkas-berkas tersebut kemudian kita cekrekan berkas tersebut menjadi satu. Jika tidak punya bisa minta ke satpam terdekat.

Setelah itu barulah kita menuju lantai 2 untuk menyerahkan berkas" tersebut ke loket perpanjang stnk, sebelum dikasih minta dahulu nomor antrian ke satpam , jika kita sudah dapat nomornya, tunggu dipanggil lalu kasih berkas tersebut ke petugas. Nanti petugas akan kasih surat kecil (apa gitu gw lupa) lalu kita menunggu kembali untuk dipanggil.

Kira-kira sekitar 20-30 menit kemudian barulah gw dipanggil untuk menuju ke loket pembayaran. Kisaran harganya adalah 315.000. Beda dengan CALO, bisa 450.000/ 500.000. Kebayangkan betapa liciknya CALO ngambil untungnya sampe cepe lebih, zzz.

Ketika nama kita dipanggil, datangi sumber suara (loket pembayaran) lalu kasih surat kecil yang tadi dikasih oleh petugas sebelumnya. Setelah itu petugas loket pembayaran akan menyebutkan harga untuk stnk kita, kemudian kita bayar dengan uang cash. Setelah bayar kita turun lagi ke lantai pertama, tetapi bukan di dalam gedung, di luar dekat area pengecekan fisik kendaraan.

Di situ ada loket pengambilan STNK, tunggu nama kita dipanggil lalu kita kasih surat kecil itu ke petugas, lalu petugas akan memberi kita STNK baru, KTP pemilik kendaraan beserta Surat pajaknya. Jika ada orang yang menawarkan pelastik STNK dengan harga 1000, saya sarankan untuk membelinya. Setelah itu barulah kita menuju ke loket pengambilan plat nomor (tidak jau" kok dari situ).

Kita kasih STNK asli ke petugas, lalu petugas akan mengecek dan mengembalikannya lagi ke kita. Setelah itu kita akan dipanggil untuk pengambilan plat nomornya. Sayangnya tadi saya belum dapat karena plat nya masih blom jadi, kisaran 2 bulan baru jadi.

Setelah itu langsung menuju ke parkiran kusus tadi, dan selesai...
Semoga bermanfaat ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar