Label

Jumat, 23 November 2012

Jelaskan Bagaimana Proses Organisasi Berlangsung

Proses organisasi merupakan hal yang sangat penting untuk struktur-struktur oragnisasi, karena tanpa proses,  organisasi tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Terdapat empat proses penting dalam organisasi, yaitu:

  1. Komunikasi
  2. Pengambilan Keputusan
  3. Evaluasi Prestasi
  4. Sosialisasi & karir
Proses organisasi berlangsung dimulai dengan Komunikasi
Komunikasi menduduki tempat yang utama karena susunan keluasan dan cakupan organisasi secara keseluruhan ditentukan oleh tehnik komunikasi. Dari sudut pandang ini komunikasi adalah suatu proses sosial yang mempuyai relevansi terluas di dalam memfungsikan setiap kelompok, organisasi atau masyarakat.

Selanjutnya masuk ke tahap pengambilan keputusan.

Proses pengambilan keputusan itu berlangsung dengan tahapan sebagai berikut:

a. Menghimpun data melalui pencatatan bahkan mungkin
b. Berupa kegiatan penelitian
c. Melalui analisis data
d. Menetapkan keputusan yang akan ditempuh
e. Mengoperasionalkan keputusan menjadi kegiatan
f.  Selama berlangsungnya kegiatan sebagai pelaksana keputusan akan diperoleh data operasional yang baru

Setelah itu masuk ke tahap Evaluasi Prestasi.
Proses evaluasi prestasi di dalam organisasi menunjukkan bahwa prestasi individu, kelompok, dan organisasi adalah suatu hasil atau variabel bergantung dari prilaku organisasi, struktur dan proses.  Sistem yang diterapkan untuk mengevaluasi prestasi membantu maksud-maksud seperti penentuan imbalan (upah, promosi, dan alih tugas), identifikasi kebutuhan akan pelatihan (training), penyediaan balikan bagi para pegawai dan lain-lain.

dan yang terakhir, Sosialisasi & karir.
Proses sosialisasi adalah suatu proses dimana kita dapat bergaul dalam suatu komunitas tertentu maka disitulah proses sosialisasi akan terjadi. Sedangkan karir adalah suatu deretan posisi yang di duduki oleh seseorang selama perjalanan usianya. Karir adalah rangkaian perasaan individual dari sikap dan perilaku yang berkaitan dengan pengamalan kerja dan aktifitas selama rentang waktu kehidupan orang.

Sumber: Klik di sini






Tidak ada komentar:

Posting Komentar