Logika Program:
Memulai Program dan menyimpan
program dengan nama ulang. Setelah itu masuk ke tahap pembuatan variabel. Untuk
nilai x1,x2,x3,y1,y2,&y3 bertipe data real, i = integer dan ab = karakter.
Mulai mengeksekusi program dan mengulang program kembali. Dimulai dengan
tampilan layar yang bersih untuk kodingan baru dan mencetak soal yang akan kita
selesaikan di program ini. Lalu masukan inputan pada program dengan perintah
“masukan nilai x1=” dan disimpan di dalam variabel x1. Selanjutnya membuat
rumus untuk x1 yang mana rumus tersebut dimasukan ke dalam variabel y1. Setelah
itu mencetak nilai f(x1) dengan perbandingan 0:4 supaya hasilnya bisa 0 koma.
Kemudian kembali ke statement awal dan memulai kembali dengan inputan yang baru
(x2). Disimpan di variabel x2 dan membuat rumus seperti tadi, yang mana rumus
tersebut dimasukan ke dalam variabel y2. Setelah itu mencetak nilai f(x2)
dengan perbandingan 0:4 supaya hasilnya bisa 0 koma, lalu masuk ke tahap
pemberhentian program sementara.
Jika hasil y1 dikali dengan y2
kurang dari 0 maka cetak syarat nilai ok, selain itu cetak nilai x2 belum sesuai.
Selanjutnya mendefinisikan variabel i dengan nilai 2. Setelah itu membuat
tampilan hasil akhirnya dengan mencetak garis-garis supaya terlihat seperti
tabel lalu mencetak yang ada di dalam kurung dengan nilai x1 didapat dari
inputan pertama dan x2 . Mencetak n
x f(x) dengan jarak spasi yang
cukup jauh. Mengulang statement dan memulai kembali.
Mendefinisika nilai i sebagai
data yang bertipe integer + 1, lalu nilai x3 dibuat dengan rumus x1 ditambah x2
lalu dibagi 2 dan memasukan nilai x3 kedalam rumus y3. Masuk ke dalam statement
kondisi, jika nilai “i” dibagi dengan 10 = 0, maka i akan terbaca. Jika i besar
nilainya kurang dari 10 maka program tidak bisa mencetak niali i, tetapi jika i
tidak < 10 maka program bisa mencetak nilai i. Selanjutnya jika hasil
perkalian antara y1 dan y3 kurang dari 0 maka memulai dengan nilai x2 sama
besarnya dengan nilai x3 dan jika tidak maka yang sama besarnya dengan nilai x3
adalah x1.
Terus mengulang kondisi diatas
sampai masuk ke iterasi ke 27 yang mana sudah diberika nilai mutlak oleh
perintah “abs”. Mencetak garis-garis, mencetak akar persamaan yang diisikan
dengan nilai x3, mencetak errornya
dengan absolute dari y3. Mencetak kembali garis-garis supaya terlihat seperti
tabel, setelah itu mencetak pertanyaan apakah anda ingin mengulanginya dengan 2
pilihan yang tersedia antara y= yes dan n=no. Kemudian program membaca variabel
ab. Jika variabel ab tadi yang diisikan pertanyaan dijawab dengan y kecil atau
Y besar maka program akan mengulang dari awal, tetapi jika tidak maka program
selesai.
Hasil Output:
Selesai.
Bagi anda yang ingin mengcopas, saya sarankan agar anda memakai logika anda sendiri, ini hanya sekedar membantu untuk memudahkan anda berfikir secara logika bukan berfikir menjadi plagiator. Terima kasih .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar