Label

Selasa, 09 April 2013

Membuat Program Metode Biseksi Dengan Pascal

Listing Program:





























Logika Program:


Memulai Program dan menyimpan program dengan nama ulang. Setelah itu masuk ke tahap pembuatan variabel. Untuk nilai x1,x2,x3,y1,y2,&y3 bertipe data real, i = integer dan ab = karakter. Mulai mengeksekusi program dan mengulang program kembali. Dimulai dengan tampilan layar yang bersih untuk kodingan baru dan mencetak soal yang akan kita selesaikan di program ini. Lalu masukan inputan pada program dengan perintah “masukan nilai x1=” dan disimpan di dalam variabel x1. Selanjutnya membuat rumus untuk x1 yang mana rumus tersebut dimasukan ke dalam variabel y1. Setelah itu mencetak nilai f(x1) dengan perbandingan 0:4 supaya hasilnya bisa 0 koma. Kemudian kembali ke statement awal dan memulai kembali dengan inputan yang baru (x2). Disimpan di variabel x2 dan membuat rumus seperti tadi, yang mana rumus tersebut dimasukan ke dalam variabel y2. Setelah itu mencetak nilai f(x2) dengan perbandingan 0:4 supaya hasilnya bisa 0 koma, lalu masuk ke tahap pemberhentian program sementara.

Jika hasil y1 dikali dengan y2 kurang dari 0 maka cetak syarat nilai ok, selain itu cetak nilai x2 belum sesuai. Selanjutnya mendefinisikan variabel i dengan nilai 2. Setelah itu membuat tampilan hasil akhirnya dengan mencetak garis-garis supaya terlihat seperti tabel lalu mencetak yang ada di dalam kurung dengan nilai x1 didapat dari inputan pertama dan x2 . Mencetak n  x  f(x) dengan jarak spasi yang cukup jauh. Mengulang statement dan memulai kembali.

Mendefinisika nilai i sebagai data yang bertipe integer + 1, lalu nilai x3 dibuat dengan rumus x1 ditambah x2 lalu dibagi 2 dan memasukan nilai x3 kedalam rumus y3. Masuk ke dalam statement kondisi, jika nilai “i” dibagi dengan 10 = 0, maka i akan terbaca. Jika i besar nilainya kurang dari 10 maka program tidak bisa mencetak niali i, tetapi jika i tidak < 10 maka program bisa mencetak nilai i. Selanjutnya jika hasil perkalian antara y1 dan y3 kurang dari 0 maka memulai dengan nilai x2 sama besarnya dengan nilai x3 dan jika tidak maka yang sama besarnya dengan nilai x3 adalah x1.

Terus mengulang kondisi diatas sampai masuk ke iterasi ke 27 yang mana sudah diberika nilai mutlak oleh perintah “abs”. Mencetak garis-garis, mencetak akar persamaan yang diisikan dengan nilai  x3, mencetak errornya dengan absolute dari y3. Mencetak kembali garis-garis supaya terlihat seperti tabel, setelah itu mencetak pertanyaan apakah anda ingin mengulanginya dengan 2 pilihan yang tersedia antara y= yes dan n=no. Kemudian program membaca variabel ab. Jika variabel ab tadi yang diisikan pertanyaan dijawab dengan y kecil atau Y besar maka program akan mengulang dari awal, tetapi jika tidak maka program selesai.

Hasil Output:






Selesai.
Bagi anda yang ingin mengcopas, saya sarankan agar anda memakai logika anda sendiri, ini hanya sekedar membantu untuk memudahkan anda berfikir secara logika bukan berfikir menjadi plagiator. Terima kasih .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar