Label

Rabu, 11 September 2013

Cara Mengatasi Android Ketika Sedang Lelet

Hy blogger..
Pernah gk sih hp android kamu ketika sedang dipakai atau dimainkan tiba-tiba terasa berat atau ngelag gitu?
Nah.. kali ini gw pengen ngebahas tips-tips yang bisa digunakan untuk mempelancar android kita, let's begin!

1. RAM
terkadang kita suka lupa dengan kapasitas RAM di hp android kita, apalagi yang kapasitasnya standar (512 mb) itu harus sering dicek penyimpanannya apakah sudah sangat penuh atau masih lapang. Anda pernah mengalami force close? biasanya ini terjadi ketika kita sedang memakai aplikasi yang berat seperti game HD dan lainnya dan tiba-tiba aplikasi tersebut keluar sendiri tanpa kita perintah. Nah.. inilah salah satu dampak OVERLOAD dari kapasitas RAM kita. Usahakan jika kita ingin menggunakan aplikasi yang cukup berat kita harus mengosongkan RAM/menutup program-program yang aktif terlebih dahulu. 

2. Memory Internal
Didalam memory internal biasanya terdapat sekumpulan cache-cache bekas dari browsing yang kita lakukan. Jika kita telah lama menggunakan browser ataupun aplikasi-aplikasi dipastikan cache yang terkumpul akan semakin banyak. Ukurannya bisa memakan memory internal anda sampai ratusan MB (sayang bukan?). Nah.. Cache ini haruslah kita bersihkan minimal seminggu sekali supaya android kita bisa lebih lancar, walaupun tidak sebanding pengaruhnya dengan overload RAM, tetapi ini bisa sedikit membantu prosesor agar lebih nyaman dalam memproses.

Untuk mempermudah kedua hal tersebut, playstore telah menyediakan aplikasi yang bernama CLEAN MASTER yang berfungsi untuk menutup program-program dan menghapus cache dari android kita. Inilah contoh gambar clean master:

untuk overload RAM
untuk menghapus cache

Tidak ada komentar:

Posting Komentar