Label

Sabtu, 26 Maret 2016

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli smartphone Android

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat pengguna sangat terbantu akan aktivitasnya sehari-hari, terutama pada penggunaan smartphone. Berbagai macam merek ditawarkan kepada konsumen, namun apakah berdasarkan merek saja alasan kita membeli smartphone? Adakah hal lain yang harus dipertimbangkan? 

ya, jelas ada yaitu spesifikasi dan harga smartphone.
Membeli smartphone tidak harus mahal, tidak harus merek yang terkenal, asalkan spesifikasi yang disuguhkan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti chatting, media sosial, foto, video, musik, batterai yang memiliki daya tahan yang lama dan lancar. 

Spesifikasi yang harus diperhatikan:

1.  RAM & Prosessor
     RAM adalah tempat untuk menyimpan data proses yang dilakukan oleh smartphone. RAM adalah salah satu faktor kecepatan proses smartphone. Kombinasi antara prosessor dan RAM harus seimbang, misal prosessor dengan 4 inti (quadqore) disandingkan dengan RAM minimal 1 GB / lebih. Mengingat perkembangan smartphone sekarang, lebih baik mencari RAM minimal 2 GB, karena aplikasi-aplikasi chatting dan medsos sekarang sudah cukup berat jika disandingkan dengan RAM 1 GB, karena aplikasi pun juga mengikuti perkembangan dan menambah data secara frekuentif.

2.  Daya Baterrai
     Daya batterai smartphone diukur dengan satuan mAh, misalkan 2000 mAh. Memilih daya batterai juga harus teliti, misalkan daya batterai 2000 mAh tetapi ukuran layar 5,5 inch, ketajaman layar Full HD dan prosessor Octacore( 8 Inti), kombinasi seperti ini tidak seimbang, karena semakin besar layar dan kualitas warnanya, semakin banyak daya yang diambil perdetiknya. Karena smartphone sekarang kebanyakan sudah menggunakan layar 5 inch keatas, lebih baik memilih daya batterai minimal 3000 mAh.

3.  Kamera
     Untuk kualitas kamera, yang harus dicari adalah megapixel yang besar, karena semakin besar pixel, semakin bagus jika dizoom atau dicetak dalam ukuran besar. Hal lain yang harus diperhatikan adalah sensor kamera, ini penting karena pixel hanya menunjukan ketajaman kualitas gambar, sedangkan sensor kamera menunjukan kualitas warna.

4. Internal Memory
    Internal memory adalah tempat penyimpanan yang ada di dalam smartphone. Jika anda suka menggunakan banyak aplikasi, disarankan mencari internal memory yang besar, minimal 16 GB. Kenapa demikian? karena tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke dalam External Memory dan ukurannya pun cukup fantastis, 1 aplikasi bisa mencapi ratusan MB. (1 GB= 1000 MB). Ukuran 16 GB pun bukan berarti kita bisa menggunakan seutuhnya, tetapi dipotong untuk system di smartphone sehingga untuk pengguna tersisa kira-kira 12-14 GB.

ya, itu saja kira-kira untuk hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih smartphone. Jika ada tambahan atau kritikan bisa ditulis di komentar bawah, terima kasih.

Tags: #Android #Smartphone #AndroidIndonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar