Label

Selasa, 12 Juni 2012

Manusia & Keadilan (1)


Keadilan secara umum memiliki arti menempatkan suatu hal pada tempatnya. Kata keadilan memiliki arti yang sangat luas, keadilan bisa dikaitkan dengan hukum bahkan bisa juga dikaitkan dengan kehidupan manusia. Setiap manusia pasti mengharapkan suatu keadilan, entah itu keadilan dimata hukum ataupun keadilan dimata pandangan masyarakat. Pada hakikatnya setiap manusia dituntut untuk memiliki sikap adil, karena hal ini sangat dibutuhkan terutama bagi mereka calon pemimpin.

Pada saat ini ketidakadilan banyak sekali terjadi, entah itu ketidakadilan dimata hukum ataupun ketidakadilan tentang kesejahteraan. Sebagai contoh dinegara kita, banyak ketidakadilan dalam pemerintahan, misalnya saja pada contoh kasus korupsi atau mencuri uang negara dengan kasus seorang nenek yang mencuri singkong karena kelaparan. Pasti kita semua sudah tidak aneh dengan kasus diatas, ketidakadilan yang terjadi adalah fonis yang diberikan antara pencuri uang negara yang berkorupsi uang bermilyaran rupiah harus sama dengan pencuri singkong yang hanya seorang nenek yang kelaparan, mungkin masyarakat bisa menilai sendiri mengenai dua peristiwa ini.

Hubungan manusia dan keadilan tentunya sangat berkaitan, dalam pembahasan diatas sudah jelas mengenai hubungan manusia dan keadilan itu sendiri, jadi suatu keadilan akan dipakai jika seseorang berada diantara dua argumen yaitu benar atau tidak benar dan keadilan bagi manusia tidaklah sama, hal ini dikarenakan pandangan hidup manusia itu yang berbeda-beda.

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna dibanding makhluk ciptaan Allah yang lainnya, tetapi dikarenakan pandangan hidup manusia yang berbeda-beda, sehingga manusia pasti akan selalu merasa benar diantara keadaan dalam persimpangan dimata keadilan.

Opini : Seharusnya keadilan itu sifatnya merata, supaya semua orang yang belum merasa dirinya mendapatkan keadilan, bisa mendapatkan dan merasakan apa makna dari kata keadilan itu sendiri. (Muhammad Zaky Ansari - 1KA30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar