Label

Selasa, 23 Oktober 2012

Proses Organisasi


     Dalam Organisasi tentunya terdapat proses-proses yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Seperti, Proses mempengaruhi pengambilan keputusan dan komunikasi adalah proses-proses manejerial karena secara nyata dilaksanakan oleh para manajer. Proses-proses ini juga
merupakan proses-proses organisasional karena lebih penting daripada manajer individual dalam pengaruhny apada pencapaian tujuan–tujuan organisasi. Ketiga proses organisasi dan manejemen ini merupakan bagian vital sistem organisasi formal dan mempunyai implikasi-implikasi sangat penting terhadap perilaku organisasi.

Proses organisasi terbagi menjadi 2, yaitu:
  1. Proses Mempengaruhi
  2. Proses Pengambilan Keputusan
Proses Pengaruh

         adalah kegiatan atau keteladanan  yang baik secara langsung atau tidak langsung  mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok.
Elemen-elemen yang mempengaruhi:

a. orang yang mempengaruhi (0)
b. metode mempengaruhi (.) 
c. orang yang dipengaruhi (p) 

Proses Pengambilan Keputusan

         adalah pemilihan diantara berbagai alternatif.

konsep pengambilan keputusan:
  • Identifikasi dan diagnosis masalah
  • Pengumpulan dan analisis data yang relevan 
  • Pengembangan & evaluasi alternantif
  • Pemilihan alternatif terbaik
  • Implementasi keputusan & evaluasi terhadap hasil -hasil
Teknik pengambilan keputusan:
  • Teknik -teknik Kreatif: Brainstorming & Synectics
  • Teknik -teknik Partisipatif
  • Teknik -teknik pengambilan keputusan Modern : Teknik Delphi, Teknik Kelompok Nominal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar